Pelatihan Pemberdayaan BUMDes Dari DPMK Kab.Bantul

12 Juli 2022 11:56:09 WIB

  SrigadingNews. Selasa, (12/07). Hari kedua berlangsungnya pelatihan pemberdayaan BUMDes dari dinas PMK Kabupaten Bantul di Balai Aula Kalurahan Srigading, yang di hadiri Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Kabupaten Bantul, Dosen Mercu Buana Azfa Mutia Ahmad Pabula, SE., MEK, Ketua BUMDes Potorono Sutardi, S.HI, M.EK, Pamong Kalurahan Srigading, dan Peserta pelatihan Pemberdayaan BUMDes.

  Pukul 09.00 WIB Sutardi, S.HI, M.EK dari BUMDes Potorono memberikan materi mengenai management pengelolaan BUMDes meliputi BUMDes di berikan wewenang untuk mengelola aset desa secara kolektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan tujuan BUMDes diharapkan bisa meningkatkan perekonomian desa menambah pendapatan asli desa serta dapat mengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. BUMDes juga menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pedesaan. Beliau juga menambahkan yang menjadi penghambat pergerakan BUMDes diantaranya dukungan PemDes belum optimal, Sinergi masyarakat dan kelompok belum terlaksana, Tidak harmonisnya pemdes, BPD, dan juga BUMDes, Ketidak tauhannya potensi Desa, rendahnya kompetensi dan komitmen SDM serta Sistem management belum tertata. 

  Sesi kedua Dosen Mercu Buana Azfa Mutia Ahmad Pabula, .SE., MEK memberikan materi yang berkaitan dengan menggali potensi Kalurahan, dan Business model canvas BUMDes. PendapatanBUMDes berasal dari masyarakat desa dari pertanian maupun jasa, dan dari Pemerintah Desa seperti dana yang berasal dari Desa. Setelah mendapatkan modal BUMDes segera menuju Digitalisasi dengan menyusun katalog online untuk produk maupun layanan dengan spesifikasi dan harga yang jelas dan dapat diakses secara online website maupun media sosial yang nanti akan mempermudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi apa yang ada di BUMDes.

  Diharapkan setelah adanya pelatihan ini BUMDes khususnya di Kalurahan Srigading dapat lebih baik, sehingga dapat berkembang sesuai yang di rencanakan. (E)

Komentar atas Pelatihan Pemberdayaan BUMDes Dari DPMK Kab.Bantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License