Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana di Lembaga /Komunitas Tingkat Kalurahan oleh Tagana Provinsi

15 Februari 2022 13:25:06 WIB

SrigadingNews. Berada di Balai Aula Kalurahan Srigading Tagana Provinsi Yogyakarta mengadakan program Tagana Masuk Komunitas pada Selasa, 15/02/2022. Sosialisasi tersebut dimulai pukul 10.00 WIB dan dihadiri Jagabaya Agus Suwarno, A.Md., Tagana Provinsi, dan Unsur komunitas yang berada di Kalurahan Srigading.

"harapan becana ini tidak terjadi di wilayah kita, bila benar-benar terjadi kita bisa meminimalkan dampak dari bencana tersebut sesuai dengan SOP" Sambutan Jagabaya Agus Suwarno, A.Md.

"Setelah sosialisasi dari Tagana Masuk Komunitas saat ini oleh tagana Provinsi memberikan output yang bermanfaat bagi peserta sosialisasi tidak hanya sekedar hadir dan tanpa memiliki dampak bagi kita semua" imbuhnya.


Megathrust dan manajemen pengungsian merupakan materi yang di tekankan Tagana di sosialisasinya. Megathrust merupakan gempa yang berkekuatan besar yang bisa terjadi kapan saja, dan bisa menimbulkan kerusakan serta tsunami dahsyat. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak dari bencana tersebut perlu melakukan mitigasi, melakukan simulasi bencana, dan meningkatkan kesiapsiagaan serta kewaspadaan masyarakat.

Pergub DIY no 119 Tahun 2014 tentang SOP Penanggulangan Bencana di D.I Yogyakarta yang berisi ketugasan yang di amanahkan Dinsos yaitu Logistik, Perlindungan dan Pengungsian, dan TGTS (TAGANA Goes To School) atau Tagana Masuk Sekolah. Adanya Tagana masuk Sekolah dan Komunitas sebagai tujuan Tagana untuk melakukan sosialisasi kebencanaan Tagana terbuka bagi siapa saja yang ingin mengajukan Tagana melakukan sosialisasi.

(Erziz)

Komentar atas Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana di Lembaga /Komunitas Tingkat Kalurahan oleh Tagana Provinsi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License