CEGAH CORONA, PEMERINTAH DESA SRIGADING MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN

23 Maret 2020 10:51:50 WIB

    Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 (Virus Corona), Pemerintah Desa (Pemdes) Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul melakukan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah desanya, Senin (23/3/2020). Sasarannya fasilitas umum. Selain penyemprotan mereka juga melakukan sosialisasi penyebaran dan cara penanganan virus corona. Makanya mereka melaksanakan program edukasi atau pembelajaran kepada warga masyarakat.

    Menurut Lurah Desa Srigading Wahyu Widada SE, tujuan sosialisasi tersebut agar warga mengetahui cara penanganan dengan bahan yang murah dan mudah didapat di toko- toko serta aturan pakainya. Dan program penyemprotan disinfektan ini,rencananya dilakukan secara berkala. “Sementara ini ada sekitar 50 anggota gabungan terdiri dari Perangkat Desa, Linmas,Banser Sanden, Babinsa Koramil Sanden, Babinkamtibmas Polsek Sanden, Karang Taruna,dan Anggota Desa Siaga serta Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB) Srigading” katanya. Sasaran yang diutamakan menurutnya fasilitas umum. Yakni Sekolah, Masjid, Pasar dll.

    Setelah fasilitas umum, ungkap dia, kedepannya pihak desa akan bekerjasama dengan ketua RT/RW untuk melaksanakan penyemprotan secara berkala di tengah pemukiman warga. Dalam penyemprotan tersebut, petugasnya memakai peralatan masker, kaos tangan dan lain-lain. “Untuk pos anggaran kita ambil dari anggaran kebencanaan, jika kurang kita ambil dari anggaran dana DD/ADD.Kami juga menganjurkan untuk masyarakat membiasakan sebelum masuk rumah mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun,” sarannya.

    Selanjutnya ditambah Ketua FPRB Srigading Yatiman yang menurutnya petugas gabungan telah membawa 10 alat semprot dan menyediakan 1 tandon air bercampur disinfektan berkapasitas 10 ribu liter. “Sebelum penyemprotan, kami sudah mengumumkan ke warga tidak perlu panik di tengah pandemi. Paling penting masyarakat menjaga pola hidup sehat dan kesehatan dari rumah masing-masing,” pungkasnya. (Michio)

Komentar atas CEGAH CORONA, PEMERINTAH DESA SRIGADING MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License