DESA BUDAYA SRIGADING AKAN MENGGELAR “JUMEDHULING MAHESA SURA”

29 Agustus 2019 12:21:00 WIB

Desa Budaya Srigading kembali menggelar Upacara adat Jumedhuling Mahesa Sura yang akan diselenggarakan di penghujung bulan Agustus 2019. Acara ini akan digelar pada hari Sabtu (31/08) atau malam 1 Suro /  Muharam 1441 H,  acara akan dimulai pada pukul 19.30 WIB di kawasan Pantai Samas. Acara yang rutin digelar setiap tahun merupakan sebuah tradisi dan budaya masyarakat yang diwariskan secara turun temurun di wilayah pesisir Selatan Desa Srigading.

Legenda Jumedhuling Mahesa Sura,  adalah munculnya kerbau raksasa dari Laut Selatan  yang mengamuk membabibuta, merusak tanaman para petani, mata pencaharian utama mereka.  Atas usaha para tetua adat wilayah tersebut, dengan berdoa memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, akhirnya kerbau raksasa itu dapat dijinakkan, bahkan diberdayakan membantu para petani untuk menggarap sawah mereka.

Ceritera turun temurun itu kini telah dikemas dengan atraksi seni yang menarik menjadi sebuah sendratari kolosal yang melibatkan masyarakat terutama warga Pedukuhan Tegalrejo. Ratusan orang akan terlibat pada acara ini, ada yang berperan sebagai petani, penari, bregada prajurit dan sesepuh tetua adat setempat. Yang menarik pada akhir cerita akan ada “gunungan” yang dibuat dari sayur mayur dan buah-buahan hasil pertanian masyarakat pesisir Selatan yang biasanya akan diperebutkan para penonton.

Tidak hanya itu, pada siang harinya sebelumnya, masih pada hari Sabtu, mulai pukul 13.00 WIB akan digelar atraksi seni warga masyarakat Desa Srigading, akan tampil di kompleks parkir Pantai Samas. Pada siang itu akan ditampilkan tari-tarian dari Sanggar Tari “Greget” dari Pedukuhan Tinggen, gejog lesung “Condro Wiromo” dari Ngunan-unan, Jathilan “Turonggo Safitri Putro” dari pedukuhan Srabahan, reyog “Bhekso Wirogo Mudho” dari Pedukuhan Dodogan, sampai pukul 17.00 WIB. Menarik bukan ?

Apabila ingin menyaksikan gelar seni itu, persiapkan diri sebaik-baiknya, bila perlu bawa bekal secukupnya, bila tidak sempat membawa bekal minuman/ makanan  di tempat itu banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman, pada malam hari pakailah pakaian yang hangat, jika mengajak anak-anak awasi dengan baik….yuuk selamat menonton.

Komentar atas DESA BUDAYA SRIGADING AKAN MENGGELAR “JUMEDHULING MAHESA SURA”

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License