PEMANFAATAN MATERIAL TANAH BEKAS ALIH FUNGSI LAHAN OLEH WARGA

08 Februari 2019 19:29:17 WIB

    Proses pemulihan lahan tanah kas desa yang semula digunakan untuk kandang ternak kelompok menjadi lahan pertanian di pedukuhan Ngemplak,Srigading,Sanden,Bantul menyisakan material tanah bercampur batu yang cukup banyak sehingga harus dibuang kelain tempat.

   Namun oleh beberapa warga sekitar lokasi material tanah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.Jumpeno (70th) misalnya,warga Dodogan tersebut memanfaatkannya untuk mengurug halaman rumahnya yang selama ini terlalu rendah sehingga saat musim penghujan air menggenangi pekarangan rumahnya. Demikian halnya juga Ponidi (65th) yang menggunakan material tanah tersebut untuk mengurug pondasi rumah yang sedang dia bangun, ada juga ibu - ibu yang mengambil untuk dijadikan media tanam di pot.

   Saat berada dilokasi  Rabu , 06 Februari 2019 penulis menyaksikan kegiatan pengangkutan material tanah tersebut yang memang tidak diperjual belikan oleh pemerintah desa Srigading sehingga mempersilahkan bagi siapapun warga masyarakat yang ingin memanfaatkanya mereka tidak perlu membeli , hanya cukup membayar sewa truk pengangkutnya. (Widyatmoko)

Komentar atas PEMANFAATAN MATERIAL TANAH BEKAS ALIH FUNGSI LAHAN OLEH WARGA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License