PENUTUPAN PAWIYATAN PANATACARA DAN PAMEDHARSABDA

Operator 20 Oktober 2024 13:59:07 WIB

Srigading, Jumat (18/10) Tuntas sudah pelaksanaan Pawiyatan Panatacara dan Pamedharsabda yang dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 14 sampai dengan  18 Oktober 2024. Selama lima hari ini 20 orang pemuda pemudi yang tergabung dalam Katang Taruna Kridha Bhakti Praja perwakilan dari 20 Padukuhan di Kalurahan Srigading  mempperoleh pengetahuan tentang panatacara dan pamedharsabda yang dibimbing oleh praktisi Panatacara kondang dari Dewan Pimpinan Daerah  Paguyuban Panatacara Yogyakarta (DPD PPY) Kabupaten Bantul, diantaranya Aris Priyanto, Jati Sumardi, Ardi Ardiyanto, Eko “MC” Purwanto dan  Wahyu Widayat.

Meski hanya dilaksanakan selama 5 hari, namun materi pelatihan ini  terbilang komplit, meliputi dasar-dasar pembawa acara, tata bahasa Jawa, unggah-ungguh, pengetahuan tentang  busana Jawa dan  praktek sebagai panatacara. Pelatihan yang didanai Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Dana Keistimewaan DIY Desa Mandiri Budaya tahun anggaran 2024 dilaksanakan pada malam hari di Aula Balai Kalurahan Srigading.

Pada sesi terakhir pelatihan,  para peserta yang semuanya berbusana adat Jawa gaya Yogyakarta diwajibkan melaksanakan praktek dari teori yang selama ini diberikan. Secara bergiliran  mereka mempraktekkan sebagai pembawa acara pada acara-acara yag umum dilaksanakan di masyarakat seperti pada pertemuan Karang Taruna, sripah,  pengajian dan panggih temanten yang dievaluasi oleh nara sumber.

Lurah Srigading, Ir R. Prabawa Suganda dalam menutup Pawiyatan Panatacara berpesan agar pelatihan yang diperoleh selama ini  tidak berhenti pada saat pelatihan ini saja, namun mereka  diharapkan mempraktekkan pelatihan ini diberbagai kesempatan di masyarakat serta agar pengetahuan yang diperoleh ditularkan kepada para pemuda lainnya. Selanjutnya, Achmad Affandi Ketua DPD PPY Kabupaten Bantul  mengatakan bahwa keistimewaan DIY perlu didukung oleh segenap lapisan masyarakat dengan menjaga kearifan lokal dan berpesan pula kepada pesarta pelatihan agar selalu belajar menambah wawasan dan pengalaman di masyarakat. (H)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Kebijakan Privasi

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License