PELATIHAN PENGELOLAAN EDU EKO WISATA NGUNAN-UNAN

08 Agustus 2022 11:23:53 WIB

SrigadingNews. Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta bekerja sama dengan Padukuhan Ngunan-unan hari Minggu (7 Agustus 2022) mengadakan pelatihan bagi warga masyarakat Ngunan-unan, implementasi dari catur dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan implementasikan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan.

Pelatihan pengelolaan Edu Eko Wisata berlangsung di rumah Dukuh Ngunan-unan Endartono RT 022 Padukuhan Ngunan-unan.  Pelatihan  ini diikuti oleh unsur-unsur perwakilan kelompok masyarakat diantaranya Kelompok Tani “Ngudi Rejeki”, Kelompok Wanita Tani (KWT) “Mugi Rahayu”, Pokgiat LPM Kal.,  Kelompok Perikanan “Pa’ Bo Letos”, Pengelola Sampah “Bumi Ijo”, Kelompok Peternak Sapi, Kelompok Seni Budaya dan Unit Karang Taruna setempat.

Tujuan pelatihan adalah dalam rangka persiapan rintisan pengembangan Edu Eko Wisata, suatu bentuk pariwisata yang berbasis pendidikan pengelolaan lingkungan. Seperti disampaikan para narasumber yang terdiri Bu Dini, Pak Adi, Bu Endang, Ngunan-unan telah memiliki syarat sebuah tujuan wisata yaitu ada objek wisata,  mempunyai potensi, motivasi & antusiasme masyarakat dan potensi kemitraan. Pengelolaan sampah, pembuatan arang sekam, pembuatan asap cair, pemeliharaan ikan lele dan gurameh, ternak sapi, kegiatan KWT dan kehidupan keseharian masyarakat merupakan sebuah modal utama sebagai  tujuan wisata, diperkuat dengan konsistensi, tinggal  dikemas dengan deklarasi dan publikasinya.  “Jika Edu Eko  Wisata ini berjalan, maanfaatnya adalah masyarakat lebih maju, terdapat lapangan  kerja baru, kuliner maju yang pada akhirnya  ada tambahan pendapatan masyarakat,” imbuh Bu Endang.

Pelatihan diikuti dengan penuh perhatian dari para peserta  yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi peserta pelatihan hingga ditutup sampai jam 12.00 WIB diakhiri dengan penandatanganan MOU antara UAD dan Padukuhan Ngunan-unan, sebuah wujud konsistensi UAD dalam pendampingan kegiatan ini. (H)

Komentar atas PELATIHAN PENGELOLAAN EDU EKO WISATA NGUNAN-UNAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License