Budaya Leluhur Mitoni

30 Juni 2022 13:40:24 WIB

  SrigadingNews. Kamis, (30/06). Meskipun zaman telah berkembang lebih moderen, namun berbeda yang dilakukan oleh keluarga Andriyanus di Pedukuhan Ngemplak RT 56 tidak serta merta meninggalkan warisan budaya leluhur yang bernuansa kental tradisional. Melakukan acara mitoni tersebut sebagai dari rangkaian persiapan kelahiran anak pertamanya acara seperti ini sudah sangat jarang sekali di lakukan oleh masyarakat karena memerlukan beaya yang tidak sedikit dan kebanyakan masyarakat lebih memilih untuk keperluan yang lain.

  Perlu kita ketahui Mitoni merupakan rangkaian upacara siklus hidup yang sampai saat ini masih dilakukan oleh sebagian masyarakat jawa, khususnya di Yogyakarta. Kata mitoni berasal dari kata 'am' (yang berarti kata kerja berarti melaksanakan) dan 'pitu' (yang berarti suatu kegiatan yang dilakukan pada hitungan ketujuh). Jadi mitoni merupakan suatu upacara pada bulan ketujuh masa kehamilan pertama seorang perempuan, dengan tujuan agar janin dalam kandungan dan calon ibu yang sedang mengandung senantiasa memperoleh keselamatan hingga bayi lahir.

  Mitoni yang dilakukan keluarga Andriyanus di Pedukuhan Ngemplak RT 56 ini dilakukan pada Senin, 27/06 pukul 12.00 WIB turut mengundang keluarga besar kedua belah pihak dan tetangga. (E)

Komentar atas Budaya Leluhur Mitoni

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License