Paguyuban Seni Gejog Lesung Candra Wirama Menggelar Latihan Terakhir

17 Maret 2022 08:50:36 WIB

  SrigadingNews. Tak melunturkan semangatnya untuk terus melestarikan seni adat budaya Dukuh Ngunan-unan Endartono sangat mendukung warganya yang ada di Paguyuban Seni Gejog Lesung Wirama untuk terus berprestasi dan menambah pengalaman khususnya dalam kesenian tradisional Gejog Lesung.
   Sudah beberapa malam ini Paguyuban Seni Gejog Lesung Candra Wirama Pedukuhan Ngunan-unan berlatih thuthukan Gejog lesung caping gunung yang menceritakan tarian suasana perdesaan semangat gotong royong dalam nutu pari untuk mempersiapkan mengikuti festival gejog lesung yang diadakan Komunitas Sanggar Seni Bantul yang akan di selenggarakan Minggu, 20/03/2022 pukul 09.00 WIB mendatang di pantai Goa Cemara Bantul untuk memperebutkan piala KPH. Purbodiningrat, S.E., M.BA.
  Rabu, 16/03/2022 pukul 20.00 WIB menjadi malam gladi bersih/terakhir Paguyuban Seni Gejog Lesung Candra Wirama melaksanakan latihan. Terlihat malam itu penari yang sangat lihai dalam memperagakan tariannya bak penari profesional menggoyangkan badan dan senyum semringah tak pernah hilang selama latihan berlangsung ditambah suara Gejog Lesung, dan nyanyian caping gunung membuat cerita yang di usungnya semakin nyata. Acara yang juga dihadiri Pendamping Budaya Srigading Wahyudi S.Sn, dan Frida Ari Setiyana S.Sn turut mendukung serta memberi arahan para peserta Gejog Lesung dengan pengalaman-pengalamannya di dunia seni.
   Bagi para peserta festival Gejog lesung yang diadakan Komunitas Sanggar Seni Bantul ini memiliki ketentuan salah satunya jumlah peserta per grup dibatasi 10-15 orang, wajib memakai kostum tradisional, lagu wajib Projotamansari menggunakan thuthukan Pong-Pong Wek, serta lagu pilihan (Caping gunung/Kok ewa/Gugur gungung/Lesung jumengglung). (Ew)

Komentar atas Paguyuban Seni Gejog Lesung Candra Wirama Menggelar Latihan Terakhir

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License