PETANI MANFAATKAN KEMAJUAN TEKNOLOGI PERTANIAN

02 Maret 2020 18:51:33 WIB

Dahulu petani menggunakan peralatan untuk mengolah lahan hanya menggunakan alat sederhana dan seadanya. Seiring kemajuan teknologi, petani kini dapat memanfaatkan peralatan menggunakan mesin, salah satunya mesin pemotong rumput untuk memotong sisa batang padi. Sebelumnya petani hanya menggunakan sabit sehingga banyak memakan waktu & terasa berat, belum lagi biaya upah tenaga kerja juga besar jika dikerjakan dengan sabit.

Senin, 2 Maret 2020 pukul 15.30 WIB, di bulak utara dusun Sogesanden Srigading Sanden Bantul, ada salah satu petani muda yang sedang memotong sisa batang padi menggunakan alat pemotong rumput yang sudah dimodifikasi, sebut saja Dwi Cahyono, SH. Biasanya setelah panen padi petani akan melanjutkan dengan tanaman bawang merah, sehingga harus dibuat bedengan. Akan tetapi sebelum dibuat bedengan, petani harus memotong sisa batang padi agar pembuatan bedengan mudah.

Untuk itu Dwi Cahyono, SH (29 thn) warga dusun Sogesanden Srigading Sanden Bantul ini disamping mengerjakan lahan miliknya juga menerima jasa potong sisa batang padi menggunakan alat pemotong tersebut. Upah untuk pekerjaan itu sebesar Rp. 1.500 - Rp. 2.000 per rhu (14m2), itu pun tergantung medan. Karena masing-masing lahan berbeda-beda, kadang malah ada lahan yang berlumpur dalam sehingga melangkah saja sulit. Sedangkan bbm nya 1 liter cukup untuk 60 rhu selama  2 - 2,5 jam. "Ya idep-idep buat tambah ongkos beli susu anak saya mas", ungkap Dwi Cahyono, SH. (Eka)

Komentar atas PETANI MANFAATKAN KEMAJUAN TEKNOLOGI PERTANIAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License