MAHASISWA UGM BELAJAR KOMPOS DAN MEDIA TANAM DI BUMI IJO SRIGADING

24 Desember 2019 16:59:50 WIB

 

Beberapa Mahasiswa Fakultas pertanian Universitas Gajah Mada Yogyakarta Selasa (24/12) mengunjungi Komunitas pecinta lingkungan 'BUMI IJO' Ngunan - unan,Srigading,Sanden,Bantul untuk belajar cara membuat media tanam dari sekam padi serta pembuatan kompos.

Kunjungan Mahasiswa UGM tersebut dalam rangka melakukan penelitian sebagai bahan penyusunan Skripsi mengenai Budidaya Bawang merah di lahan pasir dengan menggunakan bahan organik sebagai langkah mengurangi ketergantungan pemakaian bahan kimia pada tanaman khususnya Bawang merah.

Dukuh Ngunan - unan sekaligus penggerak komunitas Bumi ijo, Endartono yang menemui para Mahasiswa tersebut menjelaskan proses pembuatan arang sekam yang menggunakan alat sederhana serta kompos dan pupuk cair yang selama ini sudah dilakukan kemunitasnya untuk budidaya berbagai tanaman.

Rencananya para Mahasiswa tersebut dibawah Dosen pembimbing Nasih Widya Yuwono, S.P.,M.P akan melakukan penelitian budidaya Bawang merah di lahan pasir sekitar bulan Februari sedangkan kegiatan seperti penyiapan media tanam,penyemaian bibit,pembuatan pupuk organik, akan diawali di bulan Januari 2020.

Sementara itu, Manager BUMDes Gadingmas Sukiyatno yang turut menemui,mengatakan BUMDes Gadingmas siap membantu menyediakan lahan pasir dan siap mendampingi. Karena kedepan Pemerintah Desa Srigading mempunyai program Pertanian Berwawasan Wisata. (Gerz)

Komentar atas MAHASISWA UGM BELAJAR KOMPOS DAN MEDIA TANAM DI BUMI IJO SRIGADING

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License