PENGKLIK MENAWARKAN KEINDAHAN LAGUNA TEPI PANTAI SAMAS

16 Oktober 2019 09:32:21 WIB

Banyak pilihan destinasi wisata di pantai selatan wilayah Kab Bantul, salah satu di antaranya adalah Laguna Pengklik yang ada di Timur Pantai Samas atau selatan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) tepatnya di Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kec Sanden, Kab Bantul. Laguna Pengklik tidak saja menawarkan pemandangan indah laguna di tepi Pantai Samas tapi juga aneka fasilitas yang disediakan pengelola Laguna Pengklik yakni Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Srigading, Kec Sanden. Fasilitas itu antara lain taman bermain bagi anak-anak maupun pengunjung/wisatawan, restoran apung yang menawarkan aneka menu makanan dengan menu utama aneka jenis masakan ikan laut.
 
Menurut Lurah Desa Srigading Wahyu Widada SE, Laguna Pengklik yang dibangun Pemerintah Desa Srigading selain untuk menambah destinasi wisata di Kab Bantul juga untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Sebab, dengan adanya Laguna Pengklik banyak warga yang tertampung menjadi pekerja di sana mulai dari tukang parkir, juru masak, penjaga keamanan, petugas kebersihan dan sebagainya.
 
Dikatakan, Laguna Pengklik hanya merupakan bagian kecil dari penataan destinasi wisata di Pantai Samas. Ke depan Pantai Samas juga akan ditata dengan membangun bangunan berbentuk joglo dan limasan sebagai ciri khas Pantai Samas. Dengan kekhasan itu diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Samas. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Bantul saat ini sudah membangun taman dan halaman parkir disekitar terminal Pantai Samas. Jalur alternatif wisata Samas-Pandansari juga sudah dibangun dengan anggaran Rp 3,5 Milyar Tahun ini.
 
Wahyu Widada SE, mengaku upaya penataan Pantai Samas merupakan salah satu upaya menghapus image Pantai Samas selama ini yang identik dengan praktik prostitusi. Bahkan sejak Desember 2017, pihaknya sudah mendeklarasikan Pantai Samas bebas praktik-praktik kotor seperti prostitusi, mabuk, judi dan penyakit sosial lainnya. Hal ini antara lain dilakukan dengan cara menutup semua tempat karaoke di Pantai Samas. (Michio)

Komentar atas PENGKLIK MENAWARKAN KEINDAHAN LAGUNA TEPI PANTAI SAMAS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License