GEMPA BUMI 5 SR GUNCANG CILACAP, WARGA SRIGADING BERHAMBURAN KELUAR RUMAH

14 Oktober 2019 22:10:43 WIB

Gempa Cilacap Magnitudo 5 terjadi, Senin, 14 Oktober 2019, pukul 18.33.58 WIB.Lokasi gempa berada di laut dengan 8.45 Lintang Selatan, 109.28 Barat Tenggara."Pusat gempa berada di laut 85 km Tenggara Cilacap dengan kedalman 10 kilometer," tulis BMKG.BMKG menyebut warga di sejumlah daerah terasa gempa dengan skala Wilayah Dirasakan (MMI) yakni II MMI Bantul, II MMI Kulonprogo, II MMI Kota Yogyakarta (Jogja), II MMI Purworejo, II MMI Cilacap, dan II MMI Kebumen.

Warga Srigading pun banyak yang berhamburan keluar rumah karena guncangan gempa cukup kuat. Emy, salahsatu warga Dusun Sogesanden, ketika sedang melayani Miedes, saat merasakan gempa langsung berlari keluar warung. "Gempa memang cukup kuat meskipun guncangan gempa hanya beberapa detik saja," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun BMKG Yogyakarta, Agus Riyanto menjelaskan bahwa gempa tersebut adalah gempa tektonik yang terjadi pukul 18.34 WIB di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa. Episenter gempa bumi sendiri terletak pada koordinat 8.38 LS dan 109.30 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 79 km arah Tenggara Kota Cilacap, Jawa Tengah pada kedalaman 75 km.

Menurutnya, hasil analisis BMKG, menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter awal M=5,0, kemudian dimutakhirkan menjadi M=4,8.
"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Bantul, Kulonprogo, Kota Yogyakarta, Purworejo, Cilacap dan Kebumen II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," ujar Agus dalam keterangan tertulisnya. (Michio)

Komentar atas GEMPA BUMI 5 SR GUNCANG CILACAP, WARGA SRIGADING BERHAMBURAN KELUAR RUMAH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License