REMBUG KONVERGENSI PENANGANAN STUNTING DESA

18 Juli 2019 15:32:44 WIB

Pemerintah Desa Srigading menggelar Rembug warga tentang konvergensi pencegahan stunting. Kamis (18/07) bertempat di Aula Balai Desa Srigading. rembug warga ini dihadiri oleh berbagai unsur BPD, LPMD, PKK, Kader Posyandu, perwakilan rumah tangga 1.000 HPK, tokoh masyarakat, Guru PAUD, Puskesmas Sanden, dan OPD terkait.

Rembug warga diawali dengan sosialisasi tentang stunting disampaikan oleh drg. Suyatmi, M.M. Kepala Puskesmas Sanden dan Machrus Hanafi, S.Ag, Tim Ahli P3Md Kabupaten Bantul.

Stunting adalah sebuah kondisi apabila tinggi badan seseorang lebih pendek dari orang lain pada umumnya,  dibandingkan dengan anak yang seusia. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya karena kurangnya asupan gizi yang diterima oleh ibu hamil maupun janin/ bayi. Desa diharapkan menjadi ujung tombak dalam upaya Pemerintah menekan angka stunting.

Dalam rembug warga disepakati bersama upaya pencegahan stunting dengan merencanakan program dan kegiatan yang menunjang diantaranya : program kegiatan Pelatihan Makanan Pendamping  Air Susu Ibu (MP ASI), kegiatan Pemberian Makanan Tambahan untuk anak sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PMT-AS PAUD, kegiatan Pelatihan kelas orang tua tentang PMT (Parenting Class) , kegiatan Pemberian Makanan Tambahan didanai oleh anggaran dari Dana Desa, pengadaan alat antropometri dan tikar pertumbuhan untuk 21 Posyandu se Desa Srigading diusulkan menjadi bahan musyawarah Desa RKPDes dan Musrenbangdes untuk tahun anggaran 2020.

Komentar atas REMBUG KONVERGENSI PENANGANAN STUNTING DESA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License