PASAR DESA SRIGADING DIVERIFIKASI TIM YURI LOMBA PASAR DESA KABUPATEN BANTUL

05 Juli 2019 11:06:39 WIB

Setelah masuk nominasi 3 besar  dalam penilaian ekspose dan administrasi pengelolaan pasar  Desa se Kabupaten Bantul yang diselenggarakan pada hari Selasa, 26 Juni 2019 di Kantor Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Bantul, Pasar Desa Srigading pada hari Kamis (4/7) dikunjungi Tim Yuri Pasar Desa Kabupaten Bantul untuk melaksanakan verifikasi lapangan di pasar yang terletak di Jl. Samas KM 23, Desa Srigading, Kecamatan Sanden.

Tim Yuri dipimpin oleh Hj. Erna Suharsono, hadir pagi-pagi sekali bersamaan dengan kedatangan para pedagang yang mulai menata dagangannya. Masih satu dua orang pedagang yang menggelar dagangannya, hari itu tidak seramai seperti hari-hari biasanya, karena hari itu jatuh pada pasaran Kliwon, yang sebagian pedagangnya pada pasaran Kliwon biasanya berjualan di Pasar Celep tidak jauh dari Pasar Desa ini.

Tim Yuri yang terdiri dari beberapa unsur  dan lintas instansi  di Kabupaten Bantul ini segera melaksanakan tugasnya, ada yang  ke Kantor Pengelola Pasar, berkeliling di dalam dan lingkungan Pasar, wawancara dengan para pedagang dan lain sebagainya.

Pasar yang letaknya strategis ini berdiri di atas tanah kas desa Srigading seluas 1.845 m² mempunyai 4 los, 37 lapak dan  20 kios mulai direvitalisasi pada tahun 2013 didanai dengan dana APBN program Revitalisasi Pasar Tradisional melalui Kementerian Koperasi dan UKM dan diresmikan pada tanggal 14 Februari 2014 oleh Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga. Meski pasar ini milik Pemerintah Desa Srigading, konsekuensi atas revitalisasi pasar tradisional itu pengelolaannya oleh Koperasi “Sarono Mukti”, yang diikat dengan surat perjanjian, selama 20 tahun.

Setelah selesai peninjauan pasar, Tim diterima secara resmi oleh pengelola Pasar yang diwakili oleh Lurah Desa Srigading, Wahyu Widada, S.E. dengan ucapan selamat datang, dilanjutkan oleh perwakilan Tim Yuri, Dra. Sri Nuryanti, M.Si. menyampaikan kesan dan pesannya, Tim Yuri menyoroti masih belum optimalnya pengelolaan sampah. Sambutan pelepasan disampaikan oleh Camat Sanden, Slamet Santosa, SIP, diawali  dengan lantunan tembang Dandanggula, menyelaraskan Pembawa Acara, Sri Tuwuh yang terlebih dahulu membuka dengan lantunan tembang-tembang macapat. Camat Sanden berharap Pasar Desa Srigading menjadi terbaik dan pengelolaannya juga semakin baik.

Komentar atas PASAR DESA SRIGADING DIVERIFIKASI TIM YURI LOMBA PASAR DESA KABUPATEN BANTUL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License