MERTI DUSUN MALANGAN

18 Agustus 2023 12:48:32 WIB

SrigadingNews. Ratusan orang memenuhi pendapa milik Almarhum Bapak Dwi Rahardjo, Lurah Srigading periode 2008-2014 di Padukuhan Malangan, Srigading, Rabu/ 16-08-2023 pukul 15.30 WIB untuk mengadakan merti dusun yang digelar setiap tahun. Saking banyaknya peserta kenduri merti dusun, pendapa yang begitu besar tidak dapat menampung warga Malangan, Sorekan dan sebagian warga Srabahan yang mempunyai leluhur di makam Malangan-Sorekan,  hingga sebagian menggelar tikar di pelataran samping pendapa. “Alhamdulillah, di luar dugaan,” kata Suwarna, A.Md. Dukuh Malangan.

Para warga laki-laki perempuan sebagian besar berdandan mengenakan busana Jawa, yang laki-laki mengenakan baju surjan, berkain jarik dan mengenakan blangkon gaya Mataraman.  Dari rumah mereka sudah membawa kenduri berbentuk sarang yang dirangkai dari anyaman daun kelapa, berisi nasi dan aneka lauk pauknya, yang dikemas dalam wadah dari daun pisang, tidak ada kemasan plastik. sebuah kearifan lokal yang benar-benar ramah lingkungan.

Merti Dusun sebagaimana dikatakan Dukuh Malangan dalam kata sambutannya, merupakan bentuk rasa terima kasih warga masyarakat atas berkah dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa atas kesehatan, ketenteraman dan rejeki dari hasil panen para warganya, disamping itu memohon agar penghidupan ke depan semakin baik, panen melimpah dan kesejahteraan masyarakat meningkat, sekaligus sebagai rangkaian acara memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.

Hadir dalam kegatan merti Dusun Malangan wakil Kunda Kabudayan Kabupaten Bantul, calon Anggota DPRD  Kab. Bantul, Forkompimkap Kapanewon Sanden yang diwakili oleh Kawat Sosial, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kapanewon Sanden.(H)

Komentar atas MERTI DUSUN MALANGAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

kalender


Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License