Visi Misi

Admin Desa 01 April 2013 14:14:06 WIB

Visi dan Misi Pemerintah Desa Srigading

 

1.  VISI

Visi merupakan pandangan jauh ke depan, ke mana dan bagaimana Desa Srigading harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen stakeholder’s.

Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka Menengah yang ingin diraih oleh Lurah Desa  yang dirumuskan selama 6 tahun kedepan. Cita-cita itulah yang kemudian mengerucut sebagai Visi Lurah Desa.  Adapun Visi Lurah Desa Srigading adalah sebagai berikut :

 

 TERWUJUDNYA DESA SRIGADING YANG SETIA KEPADA AJARAN AGAMA DAN BUDAYA,

MANDIRI,  UNGGUL, BERKARAKTER, TANGGUH, INOVATIF

( SRIGADING “ SEGORO MUKTI” ).

 

Segoro (Setia pada ajaran agama dan budaya), yaitu mewujudkanmasyarakat Desa Srigading yang beriman,bertaqwa,serta menjunjung tinggi nilai etika dan budaya,

 Mandiri, menciptakan Desa Srigading sebagai desa yang tidak bergantung kepada daerah lain,di bidang pertanian,perikanan,pariwisata,dan perdagangan dengan tetap menjunjung tinggi nilai gotong – royong,

 Unggul, membentuk Desa Srigading menjadi desa yang mampu bersaing dalam segala kompetisi di berbagai kegiatan, sumber daya manusia terutama untuk menghadapi kompetisi yang semaki ketat,terutama Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),

 Kreatif, mewujudkan Desa Srigading sebagai desa yang penuh inovasi,dengan tujuan mampu mengikuti perkembangan zaman,

 Tangguh, mewujudkan Desa Srigading menjadi desa yang tahan dan kuat untuk menghadapi bencana alam,karena terletak di kawasan rawan bencana alam,

 INOVATIF, bahwa segala konsep pembangunan di Srigading dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan harus mempunyai kreatifitas, produktifitas tinggi dan mengikuti perkembangan ilmu teknologi sehingga mempunyai sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi.

 Melalui visi ini diharapkan masyarakat menemukan gambaran kondisi masa depan yang lebih baik (ideal) dan merupakan potret keadaan yang ingin dicapai, dibanding dengan kondisi yang ada saat ini. Melalui rumusan visi ini diharapkan mampu memberikan arah perubahan masyarakat pada keadaan yang lebih baik, menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengendalikan dan mengontrol perubahan-perubahan yang akan terjadi, mendorong masyarakat untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, menumbuhkan kompetisi sehat pada anggota masyarakat, menciptakan daya dorong untuk perubahan serta  mempersatukan anggota masyarakat.

 

2. MISI

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan tanpa mengabaikan mandat yang diberikannya.

Hakekat misi merupakan turunan dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi desa  selama masa enam tahun.

Untuk meraih Visi Lurah Desa Srigading seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi Desa Srigading sebagai berikut:

  1.  Mewujudkan masyarakat yang berpengetahuan dan terampil yang mampu melaksanakan pembangunan di Desa Srigading melalui pemberdayaan dan pelatihan – pelatihan dan peningkatan kapasitas.
  2. Menyediakan dan memberikan pelayanan publik yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel serta berkeadilan.
  3. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pembinaaan usaha kecil dan penguatan bantuan modal.
  4. Peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berwawasan lingkungan.
  5. Mewujudkan kualitas masyarakat sebagai sumber daya pembangunan yang beriman dan bertaqwa.
  6. Meningkatkan pelayanan sosial, kesehatan, pendidikan, budaya dan karang taruna.
  7. Pembentukan dan Pengembangan BUM Desa serta penguatan permodalan BUM Desa dengan memanfaatkan sumberdaya alam yang ada dapat dioptimalisasikan sektor pertanian baik tahap produksi maupun tahap pengolahan hasilnya.

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

kalender


Musik

Lokasi Srigading

tampilkan dalam peta lebih besar